Selasa, 11 September 2012

Penyakit Love Bird

Jika mengenal betul burung yang anda pelihara, maka tidaklah begitu sulit untuk mengenali apakah kondisi mereka dalam keadaan sehat atautidak dari tingkah laku dan penampilanya. burung sehat akan bergerakdengan aktif, lincah, bulu -bulu bersih rapat dan rapih. Tingkah laku aneh atau menyimpang, penampilan lusuh, kusut adalah pertanda burung tersebut bermasalah dan kemungkinan terkena pemyakit.

Penyakit Lovebird diantaranya :
1. Penyakit saluran pernafasan
Penyakit pernafasan menyerang bagian pernafasan, tenggorokan, paru-paru dan kantong udara.Gejalanya nafas tersengal, bersin-bersin, kelopak mata bengkak, bulu berkerut. Penyebab kekebalan lemah karena kekurangan nutrisi.
2.Mata berair
penyakit ini termasukpenyakit yang sulit disembukan dan menular. Ditengarai disebabakan oleh bakteri ata jamu yang menyerang bagian luar burung.khususnya kelopak mata dam akhirnya menjalar ke bagian dalam organ burung. Gejala ditandai dengan munculnya bercak merah pada kelopak mata
3.Cabut Bulu
Mencabut bulu atau bahkan memotong anggota tubuh sendiri adalah gejala kelainan tingkah laku burung lovebird yang sulit dihentikan.

Penggangu tersebut antara lain: * Penyakit – Penyakit yang disebabkan virus circovirus (Beak and Feather Disease) dan virus polyoma adalah penyakit paling umum yang menyebabkan burung kesulitan memproduksi bulu. Psittacosis kronis, gangguan parasit dan infeksi bakteri pada usus dapat pula menyebabkan bulu burung sulit tumbuh. * Gizi buruk – Sebagaimana digambarkan di atas, persyaratan untuk berlangsungnya produksi bulu secara normal memang sangat banyak, dan karenanya makanan yang kurang gizi bisa menyebabkan tumbuhnya bulu yang tidak berkualitas (mudah patah, mudah kusam, melintir/ keriting dan sebagainya). * Kimiawi – penggunaan bahan kimiawi sering menyebabkan bulu tumbuh tidak sempurna atau bahkan merusak bulu. Salah satu contohnya adalah zat pembasmi cacing pada merpati yang dikenal sebagai Mebendazole. Bahan kimia ini akan menyebabkan bulu burung melintir jika diberikan semasa burung mabung. * Stres – Hal ini terjadi terutama untuk burung yang disuapi/loloh dengan tangan manusia. Tangan manusia menyebabkan bulu baru tidak bisa berkembang sempurna dan sebagainya. Apa yang perlu Anda lakukan agar burung dapat memiliki bulu baru sebaik mungkin? Pertama-tama menyingkirkan segala cacing, kutu, mikroba pengganggu dan parasit lainnya. Kedua, pastikan tidak satu pun dari burung Anda menjadi pembawa virus bibit penyakit, misalnya Polyoma. Ketiga, berikan gizi yang cukup selama burung meranggas/mabung dengan pakan yang bagus. Hanya saja perlu diingat bahwa pakan yang bagus bukan berarti pakan yang banyak, sebab terlalu banyak pakan yang hanya mengandung karbohidrat misalnya, hanya akan membuat burung kekurangan gizi meski secara fisik terlihat gemuk. Jika Anda telah melakukan semua hal di atas dan masih mengalami masalah dengan kualitas bulu Anda perlu berbicara dengan dokter hewan khusus burung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar